Manfaat Lemon Untuk Kesehatan – Lemon kaya akan vitamin C, serat, dan berbagai senyawa tanaman bermanfaat. Nutrisi ini berperan atas beberapa manfaat kesehatan. Faktanya, lemon dapat mendukung kesehatan jantung, pengontrolan berat badan, dan kesehatan pencernaan. Berikut adalah 6 Manfaat Kesehatan Lemon yang Berbasis Bukti ;

1. Mendukung Kesehatan Jantung

Lemon adalah sumber vitamin C. Satu lemon menyediakan sekitar 31 mg vitamin C, yang merupakan 51% dari asupan harian referensi (RDI). Penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi buah dan sayuran yang kaya vitamin C mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke. Namun, bukan hanya vitamin C yang dianggap baik untuk jantung Anda. Senyawa serat dan tanaman dalam lemon juga dapat secara signifikan menurunkan beberapa faktor risiko penyakit jantung.

Sebagai contoh, satu studi mengungkapkan bahwa makan 24 gram ekstrak serat jeruk setiap hari selama sebulan mengurangi kadar kolesterol darah total. Senyawa tanaman yang ditemukan dalam lemon yaitu hesperidin dan diosmin juga telah ditemukan untuk menurunkan kolesterol.

Ringkasan
“Lemon kaya akan vitamin C yang bermanfaat untuk kesehatan jantung  dan beberapa senyawa tanaman yang juga bermanfaat untuk menurunkan kolesterol.

2. Membantu Mengontrol Berat Badan

Lemon sering perkenalkan sebagai buah penurun berat badan, dan ada beberapa teori mengapa hal tersebut terjadi. Salah satu teori umumnya yaitu bahwa serat pektin yang terkandung di dalam buah lemon mengembang diperut dan membantu anda merasa kenyang lebih lama.

Faktanya, tidak banyak orang mengkonsumsi buah lemon secara utuh. Dan karena jus lemon tidak mengandung pektin, jus lemon tidak disarankan dikonsumsi dengan cara yang sama (karena jus lemon bukanlah lemon yang utuh hanya “dagingnya” saja yang dikonsumsi).

Teori lain menunjukkan bahwa mengkonsumsi air hangat yang dicampur dengan lemon akan membantu anda menurunkan berat badan. Namun, air dikenal juga sementara waktu dapat meningkatkan jumlah kalori yang anda bakar, jadi terdapat kemungkinan air itu sendiri yang membantu menunkan berat badan.

Teori lain menunjukkan bahwa senyawa tanaman dalam lemon dapat membantu penurunan berat badan. Penelitian menunjukkan bahwa senyawa tanaman dalam ekstrak lemon dapat mencegah atau mengurangi kenaikan berat badan dalam beberapa cara. Dalam sebuah penelitian, beberapa tikus yang diberi perlakuan diet, diberikan polifenol yang diekstrak dari kulit lemon. Hasilya tikus tersebut lebih rendah berat badan dan lemak tubuh dari pada tikus lain. Namun, hingga kini belum terdapat penelitian yang mengkonfirmasi efek penurunan berat badan dari senyawa lemon pada manusia.

Ringkasan
Penelitian pada hewan menunjukkan bahwa ekstrak lemon dapat menurunkan berat badan, tetapi efeknya pada manusia belum diketahui.

3. Mencegah Batu Ginjal

Batu ginjal adalah benjolan kecil yang terbentuk ketika produk limbah mengkristal dan menumpuk di ginjal Anda. Hal ini cukup umum, dan orang yang pernah mengalaminya sering mendapatkannya berulang kali.

Asam sitrat dapat membantu mencegah batu ginjal dengan meningkatkan volume dan pH urin, hal tersebut dapat menciptakan lingkungan yang kurang menguntungkan untuk pembentukan batu ginjal.

Hanya dengan mengkonsumsi ½ cangkir (4 ons atau 125 ml) jus lemon per hari dapat memberikan asam sitrat yang cukup untuk membantu mencegah pembentukan batu ginjal pada orang yang sudah mengalaminya. Beberapa penelitian juga menemukan bahwa lemon cukup efektif mencegah batu ginjal, tetapi terdapat juga studi lain yang menunjukkan tidak memiliki efek. Oleh karena itu, diperlukan penelitian yang lebih lanjut untuk memeriksa apakah jus lemon mampu mencegah pembentukan batu ginjal.

Ringkasan
Jus lemon dapat membantu mencegah pembentukan batu ginjal. Namun, diperlukan penelitian yang lebih lanjut.

4. Mencegah Anemia

Anemia atau defisiensi zat besi, terjadi ketika anda tidak mendapatkan cukup zat besi dari makanan yang anda konsumsi. Lemon mengandung zat besi, tetapi fungsi utamanya adalah mencegah anemia dengan meningkatkan penyerapan zat besi dari makanan nabati.

Usus anda menyerap zat besi dari daging, ayam, dan ikan (dikenal sebagai zat besi heme) dengan sangat mudah, sedangkan zat besi dari sumber tanaman (zat besi non-heme) tidak semudah itu. Namun, penyerapan ini dapat ditingkatkan dengan mengonsumsi vitamin C dan asam sitrat.

Karena lemon mengandung vitamin C dan asam sitrat, mereka dapat melindungi dari anemia dan memastikan bahwa anda menyerap zat besi sebanyak mungkin dari makanan yang dikonsumsi.

Ringkasan
Lemon mengandung vitamin C dan asam sitrat, yang membantu tubuh anda menyerap zat besi non-heme dari makanan yang bersumber dari tanaman. Hal ini yang dapat mencegah anda dari anemia.

5. Mengurangi Risiko Kanker

Diet sehat yang kaya buah-buahan dan sayuran dapat membantu mencegah beberapa kanker. Beberapa penelitian telah menemukan bahwa orang yang sering mengkonsumsi buah jeruk memiliki risiko lebih rendah terkena kanker, sementara studi lain tidak menemukan efek yang signifikan.

Dalam sebuah penelitian dengan teknik in vitro (studi tabung reaksi), banyak senyawa dari lemon dapat membunuh sel kanker. Namun, senyawa yang serupa mungkin tidak memiliki efek yang sama pada tubuh manusia. Beberapa peneliti berpikir bahwa senyawa tanaman yang ditemukan dalam lemon, seperti limonene dan naringenin dapat memiliki efek antikanker, tetapi hipotesis ini membutuhkan penelitian lebih lanjut. Penelitian pada hewan menunjukkan bahwa D-limonene, senyawa yang ditemukan dalam minyak lemon, memang memiliki sifat antikanker.

Studi lain menggunakan daging buah dari jeruk mandarin yang mengandung senyawa tanaman beta-cryptoxanthin dan hesperidin, yang juga ditemukan dalam lemon. Studi ini menemukan bahwa senyawa ini mencegah tumor ganas berkembang di lidah, paru-paru, dan usus besar tikus. Namun, perlu dicatat bahwa tim peneliti menggunakan dosis bahan kimia yang sangat tinggi, jauh lebih banyak daripada yang anda dapatkan dengan mengonsumsi lemon atau jeruk. Sementara beberapa senyawa tanaman dari lemon dan buah jeruk lainnya mungkin memiliki potensi antikanker, belum terdapat penelitian yang menunjukkan bahwa lemon dapat melawan kanker pada manusia.

Ringkasan
Beberapa senyawa tanaman yang ditemukan dalam lemon telah terbukti mencegah kanker dalam penelitian pada hewan. Namun, penelitian pada manusia diperlukan lebih lanjut.

6. Tingkatkan Kesehatan Pencernaan

Lemon terdiri dari sekitar 10% karbohidrat, sebagian besar dalam bentuk serat larut dan gula sederhana. Serat utama dalam lemon adalah pektin, suatu bentuk serat larut yang dikaitkan dengan berbagai manfaat kesehatan.

Serat larut dapat meningkatkan kesehatan usus dan memperlambat pencernaan gula dan pati. Efek ini dapat mengakibatkan berkurangnya kadar gula darah. Namun, untuk mendapatkan manfaat serat dari lemon, Anda perlu mengonsumsi daging buah lemon. Orang yang minum jus lemon, tanpa serat yang ditemukan dalam daging buah, akan kehilangan manfaat seratnya.

Ringkasan
Serat larut dalam lemon bisa membantu meningkatkan kesehatan pencernaan. Namun, Anda perlu mengonsumsi daging buah lemon, bukan hanya jusnya.

sumber : https://www.healthline.com/nutrition/6-lemon-health-benefits

Khasiat Minum Lemon Setiap Hari, Khasiat Minum Lemon Waktu Malam, Manfaat Air Lemon Saat Olahraga, Manfaat Air Lemon Setelah Olahraga, Manfaat Air Lemon Untuk Kesehatan, Manfaat Air Lemon Untuk Tubuh, Manfaat Minum Lemon Tiap Hari, Manfaat Minum Lemon Tiap Pagi, Manfaat Minum Lemon Untuk Ibu Hamil, Manfaat Minum Lemon Untuk Kesehatan, Manfaat Minuman Lemon

Apa Manfaat Lemon Untuk Kesehatan, Khasiat Lemon Bagi Kesehatan Tubuh, Khasiat Lemon Untuk Kesehatan, Khasiat Lemon Untuk Kesehatan Tubuh, Manfaat Air Lemon Untuk Kesehatan, Manfaat Lemon Bagi Kesehatan Tubuh, Manfaat Lemon Dari Segi Kesehatan, Manfaat Lemon Untuk Kesehatan, Manfaat Lemon Untuk Kesehatan Tubuh, Manfaat Lemon Utk Kesehatan, Manfaat Lemon Utk Kesehatan Tubuh, Manfaat Sari Lemon Untuk Kesehatan

0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *