Manfaat jeruk lemon untuk sakit maag

Manfaat Jeruk Lemon Untuk Sakit Maag – Gangguan sakit maag merupakan rasa tidak nyaman pada perut bagian atas atau sekitar ulu hati yang sifatnya berulang dan kronik. Kondisi ini tidak mengancam nyawa. Namun bila berlangsung terus-menerus dapat memengaruhi kualitas hidup penderita.

Penyebab sakit maag dipengaruhi oleh beberapa faktor. Faktor-faktor tersebut antara lain adalah faktor gaya hidup yang tidak sehat, faktor kondisi medis atau kesehatan, hingga faktor efek samping penggunaan obat.

Selain sakit maag, gastritis juga sering dikenal sebagai radang lambung. Gastritis terjadi karena terjadi peradangan atau pembengkakan pada dinding mukosa lambung. Inilah yang menyebabkan lambung Anda terasa perih dan sakit.

Jika sakit maag muncul hanya sebentar dan mendadak, itu berarti Anda menderita gastritis akut. Namun, jika sakit maag yang Anda rasakan berlangsung cukup lama dan sering terjadi, Anda menderita gastritis kronis.

manfaat jeruk lemon untuk sakit maag

Gejala maag yang paling sering timbul adalah:

– Rasa tidak nyaman atau nyeri di perut bagian atas (sekitar ulu hati)

– Rasa panas seperti terbakar di dada

– Perut kembung

– Sering bersendawa

– Cepat kenyang saat makan

Kandungan asam askorbat dan sifat basa pada lemon

Khasiat buah lemon kaya akan kandungan asam askorbat dan alkali yang berguna bagi proses penyembuhan gastritis. Asam askorbat adalah senyawa kimia yang juga dikenal sebagai vitamin C.

Berbeda dengan asam sitrat, bahan aditif yang banyak ditemui pada produk makanan dan minuman olahan, asam askorbat adalah asam alamiah yang bisa Anda dapatkan dari buah-buahan seperti lemon, jeruk, dan kiwi.

Manfaat Jeruk Lemon Untuk Sakit Maag

Menurut penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal ilmiah Digestive Diseases and Sciences, vitamin C dalam lemon sangat penting bagi lambung karena kemampuannya menyembuhkan luka akibat peradangan. 

Senyawa yang terkandung dalam lemon juga akan memicu produksi mukus atau lendir yang bertugas untuk melindungi lambung dengan cara menyeimbangkan asam klorida (HCl) yang lebih sering disebut asam lambung.

Lambung dengan asam klorida yang terlalu banyak akan lebih berisiko mengalami luka atau peradangan. Maka, mukus akan sangat bermanfaat untuk menetralkan asam dalam lambung.

Lalu apakah ini artinya manfaat air lemon bisa mengatasi maag? Belum tentu. Dalam penelitian ini, yang berkhasiat untuk mengatasi maag sebenarnya adalah vitamin C yang bertindak sebagai antioksidan. Kandungan asamnya sendiri belum terbukti bisa jadi solusi maag.

Karena itu, khasiat air lemon untuk mengatasi maag masih harus diteliti lebih jauh. Pasalnya, mengonsumsi lemon pada saat lambung bermasalah juga berisiko menimbulkan risiko.

Beberapa orang sensitif terhadap asam lemon sehingga bisa memicu gejala maag yang lebih parah. Karena itu, bila maag sedang kumat, sebaiknya segera minum obat maag atau periksa ke dokter.

0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *